Kesehatan kulit – Mendapatkan kulit yang sehat dan bersih tidak hanya dengan menggunakan berbagai produk dan kecantikan kulit. Karena kulit yang sehat juga bisa didapat dari gaya hidup sehat dan rutinitas sehari-hari. Beberapa tips sederhana berikut bisa Anda lakukan setiap hari, untuk mendapatkan kulit sehat secara alami dan mencegah proses penuaan dini pada kulit.

Pertama yakni melindungi kulit dari sinar matahari. Paparan langsung sinar ultraviolet (UV) akan berdampak buruk bagi kulit. Dalam jangka panjang, bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit, seperti penuaan dini berupa keriput, kulit kusam, termasuk risiko kanker kulit. Solusinya adalah gunakan SPF (anti-UV / sunblock lotion) yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan gunakan saat keluar rumah siang hari. Hindari paparan langsung sinar matahari pada saat-saat terpanas, biasanya antara jam 10 dan 15 siang. Lebih baik lagi, jika Anda menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang, dan topi, ini bisa melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari.

Kedua yakni lakukan diet sehat. Terapkan diet seimbang yang sehat, dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, air, produk susu rendah lemak, dan sebagainya. Selain itu, berikut beberapa makanan sehat yang bagus untuk kesehatan kulit. Seperti kentang yang kaya akan beta karoten, antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kemudian blueberry bisa dijadikan sebagai sumber antioksidan yang tinggi, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Cara menjaga kesehatan kulit yang ketiga yakni dengan cara menghindari asap rokok. Merokok dapat memiliki efek buruk pada kulit. Rokok bisa menyempitkan pembuluh darah yang berada di lapisan terluar kulit, sehingga aliran darah ke daerah tersebut berkurang. Hasilnya adalah lapisan terluar kulit akan kekurangan oksigen dan nutrisi lainnya yang penting bagi kulit. Selain itu, merokok dapat menyebabkan penuaan dini dan munculnya keriput di wajah. Hal ini terjadi karena kerusakan kolagen dan elastisitas serat kulit, terutama di wajah, karena proses penggunaan berulang otot wajah saat merokok dan mengisap asap rokok. Bebeapa tips diatas tentunya dapat Anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here