Tips hindari godaan diskon memang banyak. Namun, apakah Anda sanggup menerapkan tips tersebut? Nah, jika Anda adalah seorang yang gemar berbelanja, tentunya sangat sulit untuk tidak tergoda oleh diskon berbagai barang yang dijual di mall tersebut. Namun, bagaimanapu juga, Anda harus tetap menahan keinginan Anda tersebut jika memang kondisi finansial Anda sedang kurang sehat. Seperti yang kita rasakan, belanja adalah momen yang paling dinanti. Tapi yang sering terjadi adalah pengeluaran belanja sering lebih besar daripada bujetnya. Sadarkah Anda, bahwa yang membuat bujet belanja Anda membludak sebenarnya adalah karena Anda mudah tergoda diskon? Padahal banyak cara yang dapat diterapkan untuk menghindarinya.

Penasaran apa saja tips hindari godaan diskon yang manjur untuk Anda? Berikut ulasannya.

Tentukan durasi belanja

Nah, jika Anda memang harus berbelanja di pusat perbelanjaan, ingatlah untuk tidak menghabiskan waktu terlalu lama di tempat tersebut. Tentukan seberapa lama Anda berbelanja sebelum Anda tiba di pusat perbelanjaan tersebut. Contohnya, untuk belanja kebutuhan bulanan, Anda tidak boleh menghabiskan waktu lebih dari satu jam. Cara tersebut pastinya dapat membuat Anda tidak menoleh ke bagian diskon sehingga keuangan Anda akan terjaga.

Salah seorang influencer, dengan akun instagram @Chachathaib dalam satu kesempatan bercerita. Ia sangat memperhitungkan waktu saat beraktifitas termasuk belanja. Misalnya saat menunggu ojek on line. Ia bisa masuk ke toko di sekitar tempatnya menunggu, menuju bagian yang dibutuhkan. Jika membutuhkan baju, ia langsung ke tempat baju, melihat model, warna dan ukuran yang sesuai tubuhnya. Lalu ke kasir dan membayar. Untuk kegiatan seperti itu, ia hanya membutuhkan waktu tak sampai lima menit. Ia tak tergoda untuk melihat-lihat yang lain karena sebentar lagi ojek on line akan datang menjemputnya.

Akumulasi perkiraan harga

Sebelum Anda pergi ke pusat perbelanjaan, cobalah untk membuat daftar barang yang ingin Anda beli lengkap dengan harganya. Selanjutnya, bawa uang seperlunya sesuai dengan yang Anda perkirakan sebelumnya, namun tinggalkan ATM dan kartu kredit Anda. Jika uang Anda pas-pasan saja, maka niat Anda untuk sekedar melirik barang diskon tentu akan hilang.

Pisahkan rekening belanja

Tips hindari godaan diskon lainnya adalah dengan membuka rekening baru yang khusus untuk belanja. Misalnya, uang belanja Anda dalam setiap bulan adalah sekitar 20 persen dari gaji Anda, maka saat Anda gajian, segera pindahkan uang belanja Anda ke rekening khusus belanja tersebut. Cara ini akan membantu Anda dalam menjaga rekening tabungan agar tidak terambil.

Hanya belanja barang yang didiskon

Ketika Anda sedang berbelanja, lihat dulu barang-barang yang sedang ada diskonnya. Setelah itu, cek kembali list belanjaan Anda. Jika memang barang yang Anda butuhkan sama atau mirip, maka lebih baik Anda memilih barang diskon tersebut.

Nah, cukup mudah bukan dalam menahan diri untuk tidak tergoda diskon? Pertimbangkan setiap langkah yang akan Anda ambil dalam membeli. Bisa saja barang yang sedang didiskon adalah barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

11 COMMENTS

  1. Waduhh memang kalo belanja,klo udah liat promo atau diskon bakalan khilaf belanjanya, dan boleh nih tips-tipsnya belanja cermat dan hemat yang berguna banget buat saya

  2. Alhamdulillah nggak pernah tergoda discon untuk barang yang tidak dibutuhkan. Sekalinya butuh barang, terus lagi diskon dan barang ini punya kwalitas bagus. Cus pilih & langsung bayar. Puas.

  3. Kalo diskonan emang bikin banget belanja. Kadang aja di supermarket juga cari diskonan atau bonus hihihi. Boleh banget ini tipsnya biar lebih menghemat uang belanja, yang susah kadang udah ambil yang diskon eh melipir ambil yang lain no discount.

  4. Terima kasih tipsnya min..bermanfaat sekali,jadi bisa dipraktekan nih terutama utk tdk berlama2 di pusat perbelanjaan. Kecuali kalo emang lagi ga ada uang ya min,jd ga bisa belanja deh..hehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here