Tips hindari depresi– Apakah Anda pernah merasa murung, emosi, gelisah, kesal yang semuanya menjadi satu selama 2 minggu atau lebih? Jika iya, jangan-jangan, Anda tengah mengalami depresi. Depresi bisa datang kepada siapa pun ibarat tamu yang tak diundang. Gangguan mental ini dapat menyerang siapapun tak terkecuali para pejabat atau rakyat kecil. Tentunya, saat depresi sudah menyerang, maka Anda perlu mengambil langkah penyembuhan supaya tidak berkepanjangan. Cara mengatasinya dapat menggunakan obat antidepresan atau sejenisnya. Tapi, bukan sesuatu kebiasaan yang baik jika Anda terbiasa meminum obat untuk mengatasi depresi Anda. Ada banyak cara lain untuk mengatasi depresi tanpa obat. Apa saja caranya? Silakan simak cara di bawah ini dengan seksama.

  1. Meditasi

Tips hindari depresi yang pertama adalah dengan meditasi. Disaat Anda mengalami depresi, maka yang Anda perlukan adalah mendapatkan ketentraman hati dan jiwa. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa meditasi berfungsi untuk mencegah kambuhnya depresi. Kekuatan meditasi ini sepadan jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat antidepresan. Tapi ingat, meditasi harus Anda lakukan dengan konsisten. Jangan hanya melakukannya disaat butuh saja. Jadikan meditasi sebagai kegiatan rutin dalam keseharian Anda, maka depresi tidak akan menyerang Anda. Jika Anda beragama Islam, lakukan zikir dan wirid sebagai bentuk meditasi untuk melatih hati Anda. Dengan melakukan zikir secara rutin, maka hati Andapun akan terasa lebih tenang.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Tips hindari depresi selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Tidak hanya dapat menyehatkan badan, olahraga juga berguna untuk mengatasi depresi khususnya depresi ringan. Lakukanlah olahraga rutin setiap pagi karena saat itu udara masih cukup segar dan belum banyak terkontaminasi asap kendaraan bermotor. Lebih baik lagi jika Anda berolahraga di daerah yang terdapat pepohonan hijaunya. Di tempat tersebut pasti terdapat banyak oksigen segar yang bisa Anda hirup sembari berolahraga. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki mengelilingi kompleks ataupun bersepeda di tempat yang sepi. Jika rumah Anda dekat dengan taman, Anda dapat melakukan joging ringan di sana dengan nyaman.

  1. Lakukan jalan-jalan

Jika memiliki waktu dan uang yang cukup anda bisa melakukan perjalanan singkat. Mencari suasana yang berbeda dari suasana keseharian anda, bisa memberikan kesegaran baru. Tidak harus ke luar kota, menginap di penginapan kecil yang masih dalam kota yang sama dengan tenpat tinggal anda, juga tidak apa-apa. Ubah kebiasaan/rutinitas. Jika bangun tidur, langsung mandi atau pegang gadget, cobalah bangun tidur, diam sejenak di tempat tidur. Lakukan senam ringan, minum segelas air putih, baru ke kamar mandi untuk buang air kecil atau cuci muka.

Buka pintu atau jendela, lihat pemandangan (apapun itu) berpikir positif. Rentangkan tangan, hidurp udara segar, embuskan perlahan beberapa kali. Kosongkan pikiran, yakinkan diri, semua baik-baik saja. (Dunia nggak berhenti berputar hanya karena kita tidak berkontribusi tapi dunia kita akan berakhir jika kita kebanyakan berpikir) Kemudian sarapan, dan nikmati tiap makanan atau minuman.

Selain cara diatas, Anda juga dapat mengatasi depresi dengan menceritakan keluh kesah Anda kepada orang terdekat Anda. Namun ingat, berceritalah hanya kepada orang yang sangat dapat Anda percayai. Dengan bercerita, maka beban Anda akan sedikit terasa berkurang dan depresi Anda juga akan berkurang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here