Tips belanja cermat dan hemat tidaklah sulit untuk diterapkan. Anda hanya perlu bersabar dan juga perlu sedikit ketelitian. Bagi Anda yang suka atau sering berbelanja, mungkin Anda sudah tidak bingung dalam menggunakan uang secara cermat dan hemat ketika berbelanja. Namun, bagi sebagian orang, mengatur kondisi keuangannya adalah hal yang paling sulit untuk dilakaukan. Terlebih jika dalam suatu pusat perbelanjaan terdapat diskon yang cukup menggiurkan. Tentunya hal tersebut menjadi godaan yang sangat sulit untuk ditolak bukan?. Jika Anda berada di posisi tersebut, maka behati-hatilah. Jika salah bersikap, maka bisa saja keuangan Anda akan amburadul.

Dalam hal belanja, tentu Anda harus lebih cermat dan bijak dalam mengontrol kondisi keuangan Anda. Lantas, hal apa saja yang harus dilakukan sebelum pergi belanja? Nah, jika Anda belum tahu, simak beberapa tips belanja cermat dan hemat di bawah ini.

Membuat Perencanaan

Dalam hal ini, Anda haruslah bersikap bijak dan teliti. Karena jika Anda hanya menuruti keinginan Anda, maka Anda akan terombang-ambing dalam arus konsumerisme yang tak ada habisnya. Maka dari itu, sebelum Anda pergi ke pusat perbelanjaaan, ada baiknya Anda membuat perencanaan sebelumnya. Anda dapat mengecek keperluan Anda mulai dari kulkas, kamar mandi, serta dapur. Jika setelah Anda cek, Ada bumbu, sabun atau barang-barang lain sudah habis, maka buatlah daftar barang belanjaan.

Teliti dalam Memilih

Tips belanja cermat dan hemat adalah teliti dalam memilih. Jika Anda sering berbelanja di pusat perbelanjaan, Anda pasti menemukan diskon. Namun, berhati-hatilah, jangan karena harganya yang murah Anda tergiur dan membelinya. Pada umumnya, barang diskon adalah barang yang sudah tidak ngetrend lagi saat ini, atau bisa disebabkan karena barang tersebut cacat dalam produksinya. Hal seperti ini sering terjadi pada barang seperti pakaian, dan juga alat-alat rumah tangga. Maka dari itu, periksalah mulai dari warna dan juga jahitan pakaian tersebut. Jika Anda membeli barang rumah tangga, periksa juga dari berbagai sudut hingga Anda berkesimpulan bahwa barang tersebut memang masih layak untuk Anda beli dan gunakan,

Saat Anda belanja, sebaiknya bawalah uang tunai dan simpan saja kartu kredit Anda di rumah. Dengan begitu, gerak Anda akan terbatasi sehingga belanja Anda tidak akan berlebihan.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here