Diskon dan cashback bonus atau iming-iming? Tentunya untuk menemukan jawaban tersebut, Anda harus berpikir panjang. Apakah ada orang yang tidak suka jika saat belanja ada barang yang dijual dengan diskon? Tentu saja semua orang akan berbondong-bondong menghampirinya dan  melihat barang tersebut, termasuk Anda. Namun perlu diingat, bahwa pemberian diskon pada barang tersebut, bisa jadi hanya salah satu strategi marketing agar Anda terjerat dalam budaya konsumtif. Ya, agar Anda ketagihan untuk berbelanja. Dengan demikian, Anda akan menghamburkan uang  untuk barang yang sesungguhnya tidak Anda butuhkan. Anda tertarik hanya karena terpedaya oleh diskon. Ini yang sering disebut jebakan kaum ekonomi menenah. Atau nafsu belanja besar tapi penghasilan kurang alias tidak mencukupi.   Karena itu, Anda harus berhati-hati saat pergi ke pusat perbelanjaan.

Sudah menjadi rahasia umum jika perusahaan ritail akan menerapkan beragam cara agar produknya laku, termasuk dengan memberi diskon. Mungkin sekilas dengan diskon tersebut akan membuat sebuah komoditas terlihat lebih murah. Tapi jangan salah, embel-embel diskon tersebut, biasanya hanya digunakan untuk menghabiskan stok yang sudah lama atau tidak laku dipasaran, atau bisa juga digunakan untuk mempromosikan suatu produk baru. Untuk alasan tersebutlah, biasanya perusahaan ritail menyematkan embel-embel diskon pada produknya. Maka dari itu, sebelum Anda pergi bebrbelanja, ketahuilah strategi yang jitu untuk menjaga tenaga dan kesehatan finansial Anda. Tentunya Anda sudah dapat berpikir sebenarnya diskon dan cashback bonus atau iming-iming?

Apakah Anda pernah mendengar jenis promo Buy One Get One free? Ya, banyak orang yang terjerat dengan promo ini. Dengan menerapkan promo ini, suatu tempat penjualan menawarkan fasilitas jika Anda membeli barang, maka Anda akan mendapat satu tambahan barang secara gratis. Ironisnya, biasanya produk yang harus dibeli harus mencapai nominal tertentu. Sebagai contoh adalah ketika Anda mengunjungi sebuah restoran yang menawarkan promo tersebut, kemudian untuk mendapatkan promo tersebut, Anda harus membeli makanan dengan harga diatas 60 ribu. Meski ada kata “gratis”, faktanya tak ada satupun toko yang mau labanya berkurang atau merugi karena memberikan diskon. Maka dari itu, Anda harus menyadari sebetulnya diskon dan cashback itu, bonus atau iming-iming?

Nah, selanjutnya Anda harus bijak dalam bersikap dengan maraknya promo yang ditawarkan oleh perusahaan retail. Karena tak ada satupun perusahaan yang berharap mendapat laba kecil. Semua dilakukan untuk mendapat laba besar, meski memberikan diskon atau cashback, nyatanya itu hanya sebagai strategi agar Anda terjebak. Jadi berhati-hatilah sebelum masuk jebakan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here