Penyebab Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Namun tidak menuntut kemungkinan kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, meskipun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000 pria. Dalam hal ini pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan apabila perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun dengan radiasi.

Banyak kaum wanita yang kurang paham dengan penyebab kanker payudara. Hal ini kadang menjadi ketakutan tersendiri bila seorang wanita merasakan sakit di sekitar payudaranya. Meskipun sampai saat ini penyebab secara pasti kanker ini masih belum diketahui. Beberapa faktor penyebab terjadinya kanker payudara, di antaranya sebagai berikut:

  1. Faktor Reproduksi

Untuk faktor yang pertama ialah faktor reproduksi. Hal ini sangat berhubungan dengan resiko terjadinya kanker payudara pada wanita yang menopause atau telah berusia lebih tua. Seperti halnya haid pertama dengan umur muda dan kehamilan pertama pada umur tua. Perlu Anda ketahui bahwa hal ini bisa menjadi window of initiation. Kemudian bisa juga sebagai jalan pembuka perkembangan kanker payudara karena saat tersebut secara anatomi dan fungsional payudara wanita akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia.

  1. Penggunaan Hormon

Faktor kedua karena penggunaan hormon. Hal ini terjadi karena hormon estrogen berhubungan dengan terjadinya kanker payudara. Sebuah metaanalisis menyatakan, meskipun tidak terdapat resiko kanker payudara pada pengguna kontrasepsi oral. Akan tetapi wanita yang menggunakan obat tersebut dalam waktu lama mempunyai resiko tinggi bisa terkena kanker tersebut sebelum menopause.

  1. Obesitas

Untuk faktor yang ketiga, kanker bisa terjadi dikarenakan antara berat badan dan bentuk tubuh. Hal itu memang berindikasi mempunyai hubungan yang positif dengan kanker payudara pada wanita pasca menopause sehingga hal tersebut bisa menjadi pemicu resiko kanker tersebut.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai penyebab kanker payudara yang sering dialami wanita. Supaya tidak terjadi hal seperti ini maka jagalah kesehatan tubuh Anda dengan sebaik mungkin. (Cihuy003)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here