Menjaga Keharmonisan Bertetangga – Berbagai macam karakter dan juga watak seseorang bisa dengan mudah kita jumpai dalam hidup bermasyarakat. Setiap orang tentu mempunyai kepribadian dan juga latar belakang dan juga cara berfikir yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan tersebutlah yang sering kali menjadi penyabab timbulnya terjadinya konflik didalam kehidupan bertetangga.

Dalam bermasyarakat, tentu setiap orang diharuskan untuk dapat menyesuaikan diri mereka dengan peraturan dan juga kebiasaan yang diterapkan di lingkungan tersebut. Jika mereka tidak peduli dan juga mengabaikan kebiasaan dan peraturan yang berlaku tersebut, maka kemungkinan anda bisa saja dimusuhi sampai berujung ke konflik bahkan hingga  pertikaian.

Cara Menjaga Keharmonisan Bertetangga

Sebagai anggota masyarakat yang baik, maka sudah menjadi tugas dan juga kewajiban anda untuk bersama-sama menjaga kerukunan didalam hidup bertetangga. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk Menjaga Keharmonisan Bertetangga supaya terhindar dari konflik :

  1. Menjaga sikap

Dalam bertetangga, ada beberaapa sikap yang harus dihindari supaya bisa tercipta keharmonisan dan juga kerukunan, diantaranya adalah:

  1. Primordialisme

Ini merupakan suatu perasaan suka yang terlalu berlebihan terhadap kelompoknya. Yang menganggap jika sukunya sendiri merupakan suku yang paling baik dibandingkan suku-suku yang lain.

  1. Etnosentrisme

Etnosentrisme merupakan sebuah sikap yang pada umumnya ditandai dengan sikap meremehkan kebudayaan dan juga tradisi dari masyarakat lain.

  1. Diskriminatif

Diskriminatif merupakan sikap yang senang membeda-bedakan perlakuannya terhadap sesama.

  1. Stereotip

Stereotip merupakan sebuah anggapan tentang sifat suatu golongan yang didasarkan pada prasangka yang buruk atau tidak benar.

  1. Gunakan bahasa yang baik

Menjaga ucapan merupakan salah satu cara untuk Menjaga Keharmonisan Bertetangga. Ucapan yang kita berikan tanpa adanya pertimbangan dan juga kehati-hatian bisa menyinggung perasaan orang lain. Hal ini bisa menimbulkan rasa sakit hati, kebencian, kemarahan dan juga dendam. Maka bahasa yang baik dan juga sopan harus selalu anda gunakan di manapun anda berada.

  1. Menutupi aib tetangga

Membicarakan aib ataupun kejelekan dari seseorang merupakan sebuah perbuatan yang sangat tercela. Apalagi jika kita membicarakan aib tetangga sendiri, hal tersebut tentu sangat buruk. Jika anda mengetahui aib dari tetangga anda, maka jangan menceritakan aib tersebut kepada orang lain. Simpan aib tersebut hanya untuk anda.

  1. Meningkatkan kerjasama dalam masyarakat

Meningkatkan kerjasama dalam masyarakat juga bertujuan untuk Menjaga Keharmonisan Bertetangga. Oleh sebab itu, anda sebisa mungkin harus ikut serta dalam kegiatan-kegiatan warg. Anda bisa mengikuti kegiatan seperti kerja bakti yang sering diadakan di daerah tempat tinggal anda.

Kegiatan-kegiatan sejenis ini merupakan sebuah cara yang ampuh untuk membangun dan meningkatkan persatuan didalam masyarakat. Gotong royong dan saling membantu sesame tetangga merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jurang pemisah yang menghalangi antara si kaya dan si miskin, menghilangkan, agama, perbedaan ideologi suku, dan lain sebagainya.

  1. Menolong kesulitan tetangga

Menolong tetangga yang sedang dalam kesulitan juga merupakan salah satu cara untuk menjaga hubungan baik. Sebaiknya kita mengunjungi tetangga yang sedang mengalami kesulitan atau musibah. Anda bisa menanyakan apa kesulitan yang sedang ia alami. Kemudian, anda dapat membantu meringankan kesulitan tetangga anda tersebut sesuai dengan kemampuan anda. Bantuan bisa dalam bentuk materi ataupun non materi.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam Menjaga Keharmonisan Bertetangga. Dengan hal tersebut, maka kerukunan dan ketentraman bisa tercipta di lingkungan anda.

1 COMMENT

  1. Paling bagus banget kalau bertetangga itu saling menutupi aib. Kalau aib tertutupi, pasti gak ada omongan macaem-macem sehingga dlm satu lingkungan tetangga itu bisa rukun dan harmonis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here