Kali ke 5 pergelaran akbar Mandiri Jakarta Marathon 2017 berlangsung meriah hari ini. Setidaknya ada 16 ribu peserta dari dalam dan luar negeri berkumpul dan membelah diri menjadi  4 kategori lari yang dilombakan dengan total hadiah 774 juta. Angka yang sangat fantastis tentunya bagi sebuah lomba Nasional.

Jam 4 pagi, tepat di bawah monumen nasional yang menjadi landmark DKI berkumpul sekitar 2500 orang yang sudah siap di depan garis finish. Mereka adalah pelari yang disiapkan untuk kategori Full Marathon dengan rute sejauh 42 km. Selain dari Jakarta, banyak juga rombongan yang hadir dari kota lain seperti Makassar, Bali, Balikpapan, Samarinda dan kota di Jawa Tengah serta Jawa Timur. Dan yang dari luar negeri juga tak kalah banyak, bahkan finisher di Garda depan adalah orang luar negeri yakni Kenya, Maroko, dan Jepang. Sementara Indonesia masih belum bisa menembus brikade dari luar ini.

Keikutsertaan peserta dari luar negeri memang menjadi polemik bagi kita, terlebih sebetulnya esensi dari kegiatan ini dibuat adalah untuk memperkenalkan Jakarta pada Wisatawan Mancanegara maupun Wisatawan lokal. Namun beberapa pelari dari Luar Negeri justru mengincar hadiahnya saja. Inilah yang kemudian membuat promotor dari MJM harus melakukan screening yang ketat pada pelari Internasional yang mendaftar.

Meski polemik ini tidak mempengaruhi kemeriahan acara yang telah dipersiapkan sejak setahun yang lalu ini. Bahkan tanpa disangka Wakil Gubernur Jakarta yang baru yakni Sandiaga Uno ikut berlari di kategori Half Marathon, sementara Pak Gubernur tidak ikut berlari dan hanya membuka kegiatan izin dengan flag off yang dilakukan pada Full Marathon.

Selain tentang lari, hal lain yang menarik dalam kegiatan ini adalah booth sponsor yang berjejer rapih dan saling menawarkan banyak fasilitas bagi pelari maupun keluarga pelari yang datang. Sebut saja Mandiri yang menyediakan fasilitas penjualan emoney dengan segambreng hadiah menarik. Juga Sunpride yang mengeluarkan buah-buahan segarnya dan membagikan secara gratis pada pengunjung. Selain itu ada juga booth dari Biore, Gold Gyms, XL Axiata, dan masih banyak lagi. Sehari saja di sana, kita bisa menenteng berbagai macam souvenir menarik yang bisa didapat dengan gratis.

Kemeriahan acara berlangsung hingga akhir, saat finisher FM mulai memasuki garis finish. Bisa dilihat wajah wajah letih namun bangga memperoleh medali. Indonesia masih belum bisa berpuas diri karena yang membawa pulang hadiahnya adalah pelari dari Maroko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here