Melakukan Interaksi Sosial – Didalam hidup bermasyarakat, masyarakat akan saling berhubungan serta membutuhkan satu sama lainnya. Kebutuhan akan hal tersebutlah yang bias menciptakan sebuah proses interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan sebuah kontak atau hubungan timbal balik yang terjadi antar individu, antar kelompok maupun antar individu dan juga kelompok.

Interaksi sosial yang terjadi dalam sebuah hubungan tersebut dapat menghasilkan sebuah proses pengaruh dan juga mempengaruhi. Kemudian pada akhirnya akan menghasilkan hubungan tetap serta akan memungkinkan pembentukan dari struktur social.

Dalam Melakukan Interaksi Sosial, interaksi yang positif hanya akan terjadi jika tercipta suasana saling menghargai, mempercayai, serta saling mendukung. Interaksi sosial bias diartikan sebagai sebuah hubungan sosial yang dinamis.

Syarat – Syarat dalam Melakukan Interaksi Sosial

Dalam Melakukan Interaksi Sosial, tentu ada syarat – syarat yang harus dipahami supaya dapat tercipta interaksi yang baik. Syarat agar bisa terjadi interaksi sosial adalah adanya individu, minimal ada 2 orang dan juga terdapat pesan yang akan disampaikan. Satu oran berperan sebagai pengantar pesan dan yang satunya lagi sebagai penerima pesan. Dengan demikian maka akan terjadi sebuah hubungan timbal balik. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut. Sebuah interaksi sosial bisa terjadi apabila memenuhi 2 syarat di bawah ini, yakni :

  1. Kontak sosial

Kontak sosial merupakan hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang akan menjadi awal dari terjadinya interaksi sosial yang baik. Masing – masing pihak saling bereaksi dan berinteraksi antara satu dengan yang lain walaupun tidak harus bersentuhan secara fisik

  1. Komunikasi

Komunikasi sangat dibutuhkan ketika kita melakukan interaksi sosial. Hla ini berarti bahwa anda harus berhubungan atau bergaul dengan orang lain ataupun sebuah kelompok.

Bentuk-Bentuk Interaksi dalam Melakukan Interaksi Sosial

Bentuk-bentuk dari interaksi sosial yang memiliki kaitan dengan proses asosiatif bias terbagi atas akomodasi, asimilasi, dan bentuk kerja sama:

  1. Kerja sama

Kerja sama adalah sebuah usaha yang dilakukan antara individu dengan individu ataupun kelompok-kelompok yang memiliki tujuan untuk mencapai satu atau beberapa tujuan.

  1. Akomodasi

Akomodasi Melakukan Interaksi Sosial dapat diartikan sebagai sebuah keadaan, di mana tercipta sebuah keseimbangan didalam interaksi yang berkaitan dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang ada dalam masyarakat. Usaha-usaha tersebut dilakukan untuk dapat mencapai sebuah kestabilan.

  1. Asimilasi

Asimilasi adalah sebuah proses di mana pihak-pihak yang melakukan berinteraksi mengidentifikasikan diri mereka masing – masing. Identifikasi ini dilakukan demi kepentingan dan juga tujuan kelompok

Bentuk – bentuk interaksi yang memiliki kaitan dengan proses disosiatif tersebut bisa terbagi atas bentuk persaingan, kontravensi, serta pertentangan.

  1. Persaingan

Persaingan adalah sebuah proses sosial, di mana individu ataupun kelompok-kelompok bersaing berinteraksi untuk mencari keuntungan dalam bidang-bidang kehidupan.

  1. Kontravensi

Bentuk kontravensi adalah sebuah bentuk interaksi sosial yang sifatnya terletak diantara persaingan dan juga pertentangan.

  1. Pertentangan

Sedangkan pertentangan adalah sebuah proses sosial di mana individu maupun kelompok berusaha dalam memenuhi tujuan mereka dengan cara menantang pihak lawan yang biasanya sampai disertai dengan ancaman serta kekerasan.

Tahapan interaksi sosial bisa terbagi menjadi dua bagian, yakni untuk mendekatkan dan untuk merenggangkan. Tahapan – tahapan untuk mendekatkan ini mencakup tahapan memulai (initiating), menjajaki (experimenting), meningkatkan (intensifying), menyatupadukan (integrating) serta mempertalikan (bonding).

Sedangkan tahapan untuk merenggangkan adalah membeda-bedakan (differentiating), membatasi (circumscribing), memacetkan (stagnating), menghindari (avoiding), dan memutuskan (terminating). Demikianlah beberapa konsep dalam Melakukan Interaksi Sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here