Di masa lalu, para pria menggunakan pisau cukur yang dikombinasikan dengan silet untuk mencukur kumis dan jenggot, sebelum ada alat cukur kumis elektrik. Secara sederhana, pengertian silet adalah sebuah benda tajam yang berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya memiliki dua sisi mata yang tajam. Silet yang tajam diletakkan pada benda berbentuk “T” yang biasa kita sebut dengan pisau cukur. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kini telah banyak sekali muncul bentuk pisau cukur yang beragam, mulai dari dua mata pisau yang diletakkan dalam satu sisi, tiga mata pisau dalam satu sisi, alat cukur elektrik, dsb.

Alat cukur kumis elektrik merupakan salah satu pilihan bagi para pria untuk kegiatan bercukur. Ada banyak sekali bentuk dan variasi harga yang dapat dipilih untuk sebuah alat cukur elektrik. Alat cukur jenis ini dianggap sebagai salah satu yang paling praktis untuk digunakan. Setiap alat cukur pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik itu alat cukur manual maupun alat cukur eletrik. Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih alat cukur jenis apa yang sangat dibutuhkan sehingga dapat disesuaikan dengan kulit wajah dan ketebalan jenggot.

Kelebihan Alat Cukur Kumis Elektrik
Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari penggunaan alat cukur kumis elektrik.

  1. Alat cukur elektrik terbukti sangat aman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan tidak adanya kontak langsung antara pisau cukur dengan kulit wajah.
  2. Waktu mencukur yang lebih singkat.
  3. Dapat menghemat biaya pembelian alat cukur dan aksesorisnya, seperti menggunakan cream ataupun gel jika menggunakan pisau cukur manual.
  4. Alat cukur jenis ini lebih awet jika dibanding dengan pisau cukur manual. Tentu saja hal ini karena harga yang berbeda antara kedua alat tersebut. Harga ditentukan berdasarkan kualitas masing-masing alat cukur.
  5. Didesain dengan berbagai bentuk yang unik, sehingga dapat disesuaikan dengan selera pria yang berbeda-beda.

Kekurangan Alat Cukur Kumis Elektrik
Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari penggunaan alat cukur kumis elektrik.

  1. Tidak memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna di wajah. Dikarena mata pisau cukur yang tidak bersentuhan langsung dengan kulit.
  2. Setelah selesai mencukur kumis, bersihkan dengan hati-hati mata pisau cukur yang ada pada alat cukur kumis elektrik.
  3. Setiap alat cukur elektrik memiliki tingkat kebisingan yang berbeda-beda. Hal itu tergantung dari merk dan jenis alat cukur elektrik yang dipilih
  4. Ketika baterai pada alat cukur elektrik tiba-tiba habis ketika sedang bercukur, hal itu pasti akan sangat menganggu. Maka pastikan terlebih dahulu baterai pada alat cukur sudah terisi penuh sebelum digunakan.
  5. Tidak semua alat cukur elektrik dapat digunakan di area basah seperti kamar mandi. Pastikan dahulu pilihan alat cukur sebelum dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Tips Keamanan Menggunakan Alat Cukur Kumis Elektrik
Berikut ini adalah beberapa tips keamanan dari penggunaan alat cukur kumis elektrik. Tips ini dikhususkan untuk alat cukur elektrik kering yang tidak dpat digunakan pada area basah.

  1. Jangan pernah mencoba untuk menyentuh alat cukur elektrik yang terjatuh ke dalam air. Apalagi ketika alat cukur masih tersambung dengan listrik.
  2. Setelah menggunakan alat cukur elektrik, cabut terlebih dahulu kabel listrik sebelum membersihkannya.

Demikian beberapa hal tentang kelebihan dan kekurangan alat cukur kumis elektrik. Semga ulasan ini dapat bermanfaat untuk pembaca.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here