Pada tanggal 10 Oktober 2017 kemarin diselenggarakan press conference Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC) di Grand Sahid Jaya Hotel. Acara yang didukung Majelis Ulama Indonesia (MUI), Masyarakay Ekonomi Syariah, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi, dan UKM Indonesia Halal Lifestyle Center, ini akan diselenggarakan di Balai Kartini pada tanggal 19-21 Oktober 2017.

Tahun 2020 nanti diharapkan wisatawan muslim dunia yang datang ke Indonesia ada sekitar 160 juta dan menjadi peringkat atas ikut dalam memajukan kepariwisataan Indonesia.

Foto: Andini R. A. Harsono

Negara-negara yang turut andil mendukung gaya hidup halal ini berlomba-lomba mempromosikan pariwisata halal. Untuk itu sudah seharusnya Indonesia juga menerapkan hal yang sama dan menjadikan kesempatan yang baik ini sebagai salah satu mempromosikan pariwisata di Indonesia, mengingat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar, namun sayangnya belum sepenuhnya menerapkan gaya hidup halal.

Beberapa negara di dunia masing-masing telah punya aktivitas terkait industri halal yang secara rutin diselenggarakan tiap tahun, bahkan juga diselenggarakan di negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim.

– Sapta Nirwandar, Ketua Halal Lifestyle Center –

Didukung oleh INHALEC, pengembangan bisnis halal dan penampilan seni budaya Indonesia dalam acara Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC) akan menjadi ajang untuk mengenalkan kepada masyarakat dunia mengenai pariwisata, kuliner, serta berbagai produk halal telah tersedia di Indonesia.
Misi yang dibawa INHALEC dalam pengembangan dan promosi gaya hidup halal yang ada di Indonesia, antara lain:

  1. Tanggal 19 Oktober 2017, acara dibuka dengan conference yang membahas “HALAL INDUSTRY, CULTURAL AND TECHNOLOGY”. Dalam acara ini akan menampilkan narasumber yang merupakan para pakar di bidang industri halal. Acara ini rencananya akan dibuka oleh Bapak Bambang Brodjonegoro, Menteri PPN dan Kepala Bappenas/Sekjen KNKS. Diharapkan konferensi akan dihadiri 250 peserta dari dalam dan luar negeri. Para narasumber (yang telah menjadi pembicara bertaraf internasional) tersebut antara lain: Dr. Ahmad Al-Dubayan (Director General of the Islamic Cultural Centre in London), Prof. Dr. Winai Dahlan (Founder and Director of the Halal Science Center of Thailand), Dr. Kim Jin Woo (Director of International Business Affairs of KIHI – Korea), dan Rafiuddin Shikoh (CEO Dinar Standard), Muliaman D. Hadad (Ketua Umum MES), Hermawan Kartajaya (CEO and Founder Markplus Inc), Elidawati (Founder of El-Corp), Nurhayati Subakat (Founder of Wardah Cosmetic), Dr. Masyhudi (Presiden Director RS. Sultan Agung Semarang), dan Mala Widiyanto (CEO Labbaik).
  2. Konser musik Spiritual Etnik oleh Dwiki Dharmawan cs. Jadi selain conference, pengunjung akan disuguhi penampilan dari Dwiki Dharmawan Orchestra di hari pertama INHALEC 2017. Orkestra ini akan menampilkan sajian musik religi populer, yang telah dikenal masyarakat luas, sert dikemas dalam alunan musik kolaborasi modern dan etnik. Selain itu, akan tampil pula seni tari yang dibawakan anak-anak dari TK Ar-Rahman Motik dan grup band Dimensi dari Gontor. Konser musik ini akan dimulai pada pukul 19.00 wib di Nusa Indah Teater, Balai Kartini, Jakarta.
  3. Pada hari kedua, 20 Oktober 2017, acara yang tak kalah seru adalah pemutaran film religi keluarga berjudul “Iqro”. Film ini dibintangi para artis dan aktor senior seperti:
    Mike Lucock, Neno Warisman, Adhitya Putri, dan Cok Simbara. Film ini menceritakan
    kehidupan anak zaman sekarang yang sangat gandrung pada sains, namun kurang
    punya minat belajar Al Qur’an sehingga belum bisa mengaji. Setelah pemutaran film,
    acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai industri film Indonesia yang narasumbernya antara lain: Christine Hakim (artis), Budiyati Abyoga (produser), HB Naveen (produser), dan Larry Wijaya (Cinema Kota). Acara pemutaran film dan diskusi ini akan digelar pada pukul 14.00 wib di Mawar Room, lantai 2 Balai Kartini, Jakarta.
  4. Fashion show busana muslim. Dalam acara ini akan menampilkan karya-karya designer muslim Indonesia berbakat yang akan digelar di area expo INHALEC setiap harinya, antara lain: Dian Pelangi, El Zatta-Dauky, Ikatan Pengusaha Muslim Indonesia (IPEMI),
    Risty Tagor, dan lain sebagainya.
  5. INHALEC Halal Expo juga memamerkan/show case produk-produk industri halal yang berlangsung selama 3 hari pada 19-21 Oktober 2017. Diharapkan 151 peserta akan ambil bagian dalam kegiatan ini, yng terdiri dari 45 exhibitors luar negeri dan 106 exhibitors dalam negeri, terutama untuk mengangkat produk-produk unggulan dan layak ekspor.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here