Memasak menjadi tugas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Memasak untuk keluarga merupakan kebanggaan, apalagi jika keluarga suka dan memakannya dengan lahap. Nah, menyajikan masakan enak, lezat, dan sehat tentu menjadi tantangan tersendiri. Dulu memerlukan banyak waktu untuk memasak, tetapi kini ada cara paling mudah dan hemat waktu.

“Seperti varian Sasa yang membuat kita memasak jadi mudah dan tentunya hemat waktu,” ujar Ibu Marsha di Auditorium Sasa pada acara Cooking Class bareng Chef Rendi Kong. Peserta Cooking Class memasak dengan menggunakan semua produk Sasa. Ada tiga menu yang dimasak, yaitu Siu May, Griled Chicken, dan Pangsit Rebus.

 

Apa saja sih produk Sasa itu?

  1. Sasa Tepung Bumbu, terbuat dari tepung pilihan dan diracik secara khusus dengan rempah pilihan untuk menghasilkan rasa paling pas dengan lidah orang Indonesia yang terdiri dari:
  • Tepung Bumbu Serbaguna
  • Tepung Bumbu Ala Kentucky
  • Tepung Goreng Pisang
  • Tepung Bakwan Spesial

Semua jenis tepung di atas mengandung bumbu yang lengkap, racikannya sempurna (tidak perlu bumbu tambahan), dan sudah mengandung telur.

Ada tips mudah  jika ingin gorengan renyah dan krispi, yaitu  cukup tambahkan air es dalam adonan tepung basah sehingga tepung akan keriting jika dimasak. Usahakan semua bahan terendam minyak. Minyak harus cukup panas dengan suhu 140–150oC.

  1. Santan Bubuk Sasa, terbuat dari daging buah kelapa tua segar pilihan yang diproses secara higienis dengan teknologi modern, untuk menjamin keaslian cita rasa Keunggulan lainnya bisa langsung digunakan tanpa proses dimasak terlebih dulu. Penggunaannya sangat praktis. Tinggal ditaburkan pada masakan. Santan tidak akan pecah jika kita tidak mengaduknya.
  2. La Rasa, terdiri beberapa varian bumbu praktis siap masak yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan diracik dengan resep otentik, untuk menghasilkan cita rasa masakan yang pasti lezat, dan bisa menjadi rekomendasi para chef.

Variannya adalah:

  • Nasi Goreng Ayam Spesial
  • Nasi Goreng Barbeque
  • Nasi Goreng Jawa
  • Bumbu Lumur Ayam Spesial
  • Bumbu Ungkep Ayam Goreng Kuning
  • Bumbu Ungkep Ayam Goreng Kalasan
  • Bumbu Kuah Sayur Sop
  • Bumbu Kuah Sayur Asem

Dengan beberapa varian di atas, semuanya memudahkan kita untuk memasak. Cara penggunannnya sudah tertera dalam kemasan. “Dijamin deh setelah masak dengan menggunakan varian Sasa, masakan kita menjadi tambah lezat,” ujar ibu Marsha.

Oh iya, bagi yang menyukai pedas, kini Sasa juga menyediakan Varian Sasa Sambal dan Tomat, yang terdiri atas empat varian, yaitu:

  • Sambal Tomat: Asam manis
  • Sambal Keluarga: Manis pedas sedikit bawang putih
  • Sambal Asli: Pedas bawang putih komposisinya pas
  • Sambal Extra Pedas/ekstra pedas lebih banyak bawang putihnya

Semua sambal tidak menggunakan zat pewarna dan pemanis buatan, serta terbuat dari cabai/tomat dan bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan. Ada juga Sambal Terasi Sasa, yang diproses dengan dua kali tahap pemasakan, yaitu digoreng dan dimasak pada suhu terentu, lalu disterilisasi pada suhu dan tekanan tertentu untuk memastikan bakteri tidak akan masuk juga terjamin kualitasnya.

Kadang ada yang masih ragu bahwa semua bumbu tersebut mengandung MSG yang katanya berbahaya, padahal MSG itu sangat berguna bagi tubuh. Sebenarnya apa sih MSG itu? MSG adalah garam natrium dari asam glutomat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial yang berlimpah yang tersedia secara alami.

Berarti MSG sangat aman apabila kita menggunakannya sesuai takaran yang diperlukan. Pembuatan MSG itu dihasilkan dari proses fermentasi yang serupa dengan proses pembuatan seperti kecap, tape, dan yogurt. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan MSG adalah bahan alami yang mengandung glukosa atau karbohidrat, seperti tetes tebu, kentang, tapioca, gula bit, jagung, atau sagu.

Ada daftar kandungan alami MSG pada bahan makan yang kita jumpai seperti di bawah ini.

Acara selanjutnya, Chef Rendi Kong memulai mempraktikkan cara memasak tiga menu yang telah saya sebutkan di atas. Kata Chef Rendi Kong, jangan ragu untuk memasak. Selama kita mau dan terus belajar, lama-kelamaan memasak akan menjadi mudah. Setelah ada varian dari Sasa, masak menjadi lebih mudah, hemat waktu, dan tentunya lezat dan sehat.

Mudah-mudah bermanfaat, ya. Resep-resep di atas bisa menjadi menu tambahan untuk keluarga di rumah. Jangan lupa untuk melihat banyak resep dengan menge-like Fan Page Facebook Kreasi Sasa dan Instagram @kreasisasa.

Penulis: Utie Adnu

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here