Bermasyarakat yang Baik – Seperti yang kita ketahui masyarakat di muka bumi ini tidak terlepas dari yang namanya konflik pertikaian. Pertikaian- pertikaian yang terjadi didalam masyarakat tersebut dapat terjadi karena berbagai hal.  Perbedaan pendapat atau kepentingan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya konflik dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu, kita sebenarnya harus memahami dan mengetahu tentang cara bermasyarakat yang baik.

Dalam hidup bermasyarakat, kerendahan hati, kesabaran dan juga toleransi sangat mutlak dibutuhkan. Tidak semua masyarakat mempunyai karakter yang sama, oleh sebab itu jika ke tiga sifat tersebut tidak kita bina, maka akan sangat sulit untuk menciptakan sebuah kerukunan didalam bermasyarakat.

Cara Bermasyarakat yang Baik

Tetangga merupakan orang-orang yang tinggal berdekatan dengan tempat tinggal kita.  Tentu kita harus dapat menyesuaikan diri kita dengan lingkungan sosial di sekitar supaya tercipta kehidupan yang baik.  Kehidupan yang rukun, nyaman, sejahtera dan damai antar tetangga akan tercipta.  Kehidupan bertetangga yang baik tersebut akan memberikan dampak yang positif bagi kita semua. Berikut ini beberapa cara Bermasyarakat yang Baik yang harus anda terapkan untuk menciptakan kerukunan di lingkungan anda:

  1. Menyapa dan senyum

Menyapa dan senyum mungkin memang merupakan sebuah hal yang sangat mudah sederhana dan mudah untuk dilakukan. Namun, hal tersebut akan memberikan dampak positif didalam kehidupan bermasyarakat. Anda bisa menyapa tetangga anda atau berhenti sejenak ketika melihat mereka didepan rumah. Anda bisa sedikit bercakap – cakap untuk menciptakan keakraban.

  1. Beribadah Bersama

Hal penting selanjutnya adalah engan beribadah bersama tetangga anda. Jika anda seorang muslim, maka anda bisa datang ke mushola dilingkungan anda dan beribadah bersama warga lain disekitarnya. Beribadah bersama tentu akan menciptakan keakraban dan kerukunan dalam bermasyarakat.

  1. Gotong Royong

Gotong royong merupakan salah satu cara Bermasyarakat yang Baik. Jika terjadi masalah seperti lingkungan yang kotor, pembangunan pos ronda atau lain sebagainya, maka anda harus menyempatkan waktu untuk melakukan gotong royong dalam menyelesaikannya. Jenis bantuan apapun baik itu dana atau tenaga akan menunjukkan bahwa anda peduli pada masyarakat serta memiliki niat untuk membaur dengan tetangga.

  1. Menjaga Keamanan

Jika dilingkungan anda pernah terjadi kemalingan ataupun perampokan, tentu anda wajib untuk ikut serta dalam menjaga keamanan wilayah anda. Apabila masyarakat meminta dana untuk peningkatan keamanan lingkungan, maka anda harus turut andil memberikan dana semampu anda. Dengan cara membayar uang keamanan maka lingkungan anda akan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Keamanan dan kerukunan pun juga akan tetap terjaga. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk Bermasyarakat yang Baik.

  1. Hindari marah dan dendam

Apabila anda merasa tersinggung dan kemudian marah, maka hal tersebut tentu akan sangat memperburuk situasi. Keadaan tersebut akan sangat mungkin menyakiti perasaan orang lain. Apabila kita berbicara dalam rasa marah, nantinya orang-orang yang kita hadapi juga kemungkinan akan menanggapinya dengan rasa marah pula. Hal ini lah yang nantinya dapat menciptakan sebuah lingkaran kemarahan. Tapi jika kita dapat menjaga perasaan kita, maka anda akan mendapatkan  waktu untuk menghilangkan rasa marah tersebut.

  1. Mulailah untuk memahami watak masyarakat sekitar

Setiap orang didalam sebuah masyarakat tentu memiliki berbagai macam sifat dan juga perilaku. Oleh sebab itu, anda perlu memahami watak masing – masing orang dilingkungan anda. Hal ini supaya tidak terjadi kesalahpahaman dalam berbicara ataupun bertindak.

Demikianlah beberapa cara Bermasyarakat yang Baik yang bisa anda terapkan dalam menciptakan kerukunan di lingkungan anda.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here